Presiden Ukraina Zelenskyy Mendesak G20 untuk Mengadopsi Rencana Mengakhiri Perang Rusia

Berbicara di KTT G20, Zelenskyy mengatakan perang harus diakhiri 'dengan adil' dan meminta dukungan untuk mendukung rencana perdamaiannya.

Politik615 Dilihat

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy telah mengatakan kepada para pemimpin dunia pada KTT Kelompok 20 (G20) di Indonesia bahwa sekaranglah waktunya untuk menghentikan perang Rusia di negaranya berdasarkan rencana perdamaian yang telah dia usulkan.

Dalam pidatonya di G20 pada hari Selasa, Zelenskyy mengatakan perang harus diakhiri “secara adil dan berdasarkan Piagam PBB dan hukum internasional”.

“Sekaranglah saatnya perang destruktif Rusia harus dan dapat dihentikan,” kata Zelenskyy melalui tautan video ke KTT di pulau Bali, Indonesia.

“Setiap hari penundaan berarti kematian baru warga Ukraina, ancaman baru bagi dunia, dan peningkatan kerugian yang gila-gilaan akibat kelanjutan agresi Rusia – kerugian bagi semua orang di dunia,” katanya.

Presiden Ukraina mendesak para pemimpin G20 untuk mengambil tindakan terhadap keamanan nuklir, memastikan keamanan pangan dan energi, dan melihat pemulihan hukum internasional.

“Dan jika Rusia menentang formula perdamaian kami, Anda akan melihat bahwa Rusia hanya menginginkan perang,” katanya.

Pasukan Ukraina telah membuat kemajuan signifikan melawan pasukan Rusia dalam beberapa pekan terakhir di timur dan selatan Ukraina, termasuk kota Kherson – hadiah terbesar yang diperjuangkan dan dimenangkan oleh pasukan Ukraina dari pasukan Rusia sejak dimulainya perang pada bulan Februari.

Baca juga:
Ini yang dikatakan para Pemimpin Dunia tentang Rusia dan Ukraina di KTT G20

Zelenskyy mengunjungi kota Kherson pada hari Senin di mana dia berjanji untuk terus maju sampai Ukraina merebut kembali kendali atas semua wilayah yang didudukinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *