Cara menyimpan kontak HP ke Gmail di Smartphone kalian!

Tutorial805 Dilihat

Salah satu produk dari Google yaitu Gmail yang merupakan layanan surat elektronik atau biasa kita sebut Email di saat ini menjadi Email yang paling populer dikalangan pengguna Internet. Kepopuleran ini dikarenakan Gmail yang berani memberi kapasitas penyimpanan Email sampai sebesar 1GB sedangkan pesaingnya yang hanya menawarkan beberapa MegaByte saja untuk para penggunanya.

Dengan berjalannya waktu Gmail sudah beberapa kali mengganti tampilan antarmuka dan disertai dengan sejumlah fitur baru tambahan. Pengguna Gmail sekarang tidak hanya bisa menggunakan layanan ini untuk mengirim atau menerima Email saja, tapi juga bisa menjadwal pengiriman Email dimana kalian bisa membuat Email hari ini namun bisa dikirimkan secara otomatis di lain hari.

Keunggulan Gmail lainnya yaitu memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan File berukuran besar tanpa adanya masalah, karena Gmail sudah diintegrasikan dengan Google Drive yang dimana layanan ini menyediakan kapasitas sebesar 15GB untuk penggunanya. Dan biasanya para pengguna menggunakannya untuk menyimpan foto-foto penting agar tidak perlu disimpan di Smartphone atau Laptop mereka.

Dan untuk para pengguna Smartphone Gmail juga bisa digunakan sebagai tempat alternatif untuk menyimpan Kontak HP mereka. Karena kontak HP merupakan sesuatu yang penting dan kalian tidak ingin kehilangan kontak HP tersebut, menyimpannya di Gmail merupakan hal yang sangat bijak karena tidak hanya aman, kalian juga bisa mengaksesnya lagi dengan sangat mudah.

Banyak alasan yang membuat menyimpan kontak HP di Gmail sangat disarankan bagi para pengguna Smartphone. Seperti ingin mengganti Smartphone baru mereka tapi tidak mau menyalin nomor kontak satu per satu, atau kehilangan akses ke kontak HP mereka dikarenakan hal-hal yang tidak terduga seperti Smartphone rusak atau bahkan hilang. Dengan menyimpannya di Gmail kalian akan dengan mudah memulihkan kembali data kontak HP kalian tanpa perlu khawatir.

Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk Menyimpan kontak HP ke akun Gmail :

1). Pertama buka menu Telepon dan pilih Kontak di Smartphone kalian.

2). Klik Ikon titik dua dipojok kanan atas lalu pilih Pengaturan.

3). Kemudian kalian pilih Impor/Ekspor Kontak seperti gambar di bawah ini.

4). Langkah selanjutnya kalian klik pilihan Bagikan Kontak di bagian paling bawah.

5). Maka akan muncul pop-up pilihan seperti gambar di bawah, kalian pilih Gmail.

6). Kalian tinggal masukan alamat Gmail tujuan (Misal alamat Gmail Smartphone baru kalian) di bagian Kepada. Dan isi bagian Subjek hanya untuk pengingat saja, misal di isi “kontak HP lama” atau yang lainnya.

7). Setelah semua terisi kalian pilih Ikon kirim dipojok kanan atas seperti di contohkan gambar berikut.

8). Tinggal kalian cek di Gmail yang tadi dipakai sebagai penerima, dan untuk mengimpor kontak yang sudah di kirim tadi ke Smartphone yang baru, kalian hanya perlu mengunduhnya dengan cara pilih Ikon Download Seperti dicontohkan gambar berikut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *