Tips Dan Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Badan

Olahraga364 Dilihat

Berenang adalah salah satu olahraga yang tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan mental Anda menjadi lebih baik. Berenang juga menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin berolahraga tetapi tidak terlalu ingin berkeringat atau bosan dengan olahraga yang biasa.

Tetapi Anda harus melakukan olahraga ini dengan serius agar aman dan mendapatkan manfaat yang maksimal. Berikut ini tips aman dan beberapa contoh manfaat yang bisa di dapat ketika Anda melakukan olahraga berenang.

Tips Aman Ketika Olahraga Berenang

Mungkin olahraga berenang terlihat menyenangkan dan gampang untuk dilakukan. Tetapi jangan dianggap sepele, berenang juga memiliki beberapa resiko yang berbahaya kalau tidak dilakukan dengan serius. Misalnya, tenggelam, cidera, terjatuh di kolam renang, atau kram saat di dalam kolam.

Agar hal-hal diatas tadi tidak terjadi pada Anda saat berenang, berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan saat Anda ingin berenang.

  • Pastikan kolam renang yang akan digunakan memiliki fasilitas yang memenuhi standar. Seperti, saluran pembuangan di dasar kolam yang terlihat jelas; kandungan klorin, brom, dan PH air kolam sesuai dengan yang ditentukan.
  • Hindari berenang disaat badan tidak fit. Seperti sedang demam, memililki luka yang terbuka atau sedang sakit diare.
  • Jangan meminum alkohol sebelum berenang.
  • Gunakan pakaian renang yang sesuai dan nyaman bagi Anda.
  • Mandi atau bilas dengan air tubuh Anda sebelum masuk ke kolam renang.
  • Lakukan sedikit pemanasan pada kaki dan tangan sebelum mulai berenang.
  • Selalu perhatikan peraturan yang ada di kolam renang, termasuk informasi tentang kedalaman kolam, agar tidak salah masuk kolam.
  • Jika diperlukan, gunakan kacamata renang dan penutup hidung.
  • Usahakan tidak berenang seorang diri. Kalau Anda masih belajar sebaiknya minta di dampingi yang sudah berpengalaman, kalau perlu siapkan juga pelampung di kolam renang.
  • Jangan buang air saat di dalam kolam renang.
  • Usahakan untuk tidak menelan air kolam saat sedang menyelam.
  • Setelah selesai berenang, bilas tubuh dengan air bersih dan keringkan dengan handuk.

Beberapa Manfaat Yang Di Dapatkan Dari Olahraga Berenang

Olahraga berenang selain menjadi salah satu pilihan alternatif untuk yang bosan dengan gerakan olahraga biasa, berenang juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan fisik dan mental Anda. Hal itu juga dipengaruhi karena di olahraga berenang ini hampir semua anggota tubuh Anda terlibat dalam setiap gerakan.

Dibawah ini beberapa contoh manfaat berenang yang bisa Anda dapatkan jika dilakukan dengan benar :

1). Membakar kalori dan lemak.

Selayaknya olahraga pada umumnya berenang juga dapat membakar kalori dan lemak pada tubuh. Hal ini juga yang menjadi alasan banyak orang untuk memilih olahraga berenang untuk menurunkan berat badan.

Tetapi tidak seperti di darat, saat berenang Anda tidak akan cepat merasa lelah walaupun kalori yang di bakar sama saat Anda berolahraga di darat. Hal ini bisa terjadi karena saat di dalam air tubuh anda akan terasa lebih ringan sehingga badan tidak mudah lelah meski sudah berenang cukup lama.

2). Membantu menurunkan tekanan darah.

Banyak sekali hal yang kurang baik terjadi kalau kita membahas tentang tekanan darah yang tidak normal pada tubuh seseorang. Biasanya hal itu akan menyebabkan penyakit yang kronis, semisal penyakit stroke, hipertensi, atau gangguan jantung.

Sebuh riset pernah menyebutkan bahwa dengan berenang akan membantu menurunkan tekanan darah pada tubuh Anda. Dan ini sangat bermanfaat untuk menghindari penyakit-penyakit kronis yang sering disebabkan oleh tekanan darah yang terlalu tinggi.

3). Olahraga yang aman untuk ibu hamil.

Seringkali banyak ibu hamil yang ingin tetap menjaga kebugaran tubuh mereka tapi susah untuk melakukan olahraga dikarenakan kandungan mereka. Nah, berenang adalah pilihan yang cocok untuk para ibu hamil tetap berolahraga karena saat di dalam air berat dari kandungan akan terasa ringan.

Ibu hamilpun bisa terus bergerak dengan berenang sehingga sangat bermanfaat karena tidak sedikit yang sering mengeluh nyeri otot dan pegal-pegal disaat sedang mengandung. tetapi tetap disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter, bagi para ibu hamil yang memiliki komplikasi kehamilan atau kondisi medis tertentu.

4). Membantu mengurangi stres yang sedang dialami.

Memilih untuk berenang adalah salah satu cara mengurangi stres dan penat yang efektif. Karena di saat berenang tubuh Anda akan terasa rileks dan pikiran akan teralihkan dari stres atau masalah yang sedang dialami.

Tidak hanya teralihkan dari stres saja tetapi di saat berenang tubuh kita akan meningkatkan hormon endorfin pada tubuh. dimana hormon ini berperan untuk meningkatkan perasaan menjadi lebih senang dan gembira sehingga sangat bagus untuk melawan stres yang sedang dialami.

Demikian beberapa tips dan manfaat dari olahraga berenang yang sayang untuk di abaikan begitu saja. Mungkin hal-hal di atas bisa menjadi pertimbangan Anda untuk menjadikan olahraga berenang sebagai olahraga rutin di jadwal Anda. Jangan lupa selalu perhatikan kebersihan, kesehatan, dan keselamatan Anda disaat berenang agar dapat mendapatkan manfaat yang maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *