Ingin Perut Rata Dan Kencang ? Begini Cara Benar Lakukan Sit Up

Olahraga336 Dilihat

Sebagian besar dari Anda mungkin sudah tidak asing dengan gerakan sit up. Gerakan yang hampir pasti ada di setiap sesi olahraga ini memang terlihat gampang untuk dilakukan, tetapi tetap saja membutuhkan keterampilan teknis dan tidak bisa disepelekan.

Berikut ini ulasan tentang cara melakukan sit up dengan benar dan juga variasi gerakan-gerakan sit up yang bisa Anda coba.

Cara Melakukan Sit Up Dengan Benar

Sit up adalah gerakan olahraga yang sering menjadi pilihan banyak orang untuk menguatkan otot bagian perut atau otot bagian inti. Karena manfaat yang sangat menggiurkan ini Anda mugkin ingin mencobanya juga.

Berikut beberapa langkah melakukan gerakan sit up dengan benar agar tidak mengalami cidera dan mendapatkan manfaatnya dengan maksimal.

  • Berbaring terlentang (menghadap atas) dipermukaan yang rata dan nyaman, gunakan matras jika perlu.
  • Tekuk kedua lutut Anda sampai telapak kaki menyentuh permukaan atau matras.
  • Kalau mengalami kesulitan, Anda bisa menahan kaki dengan meletakannya di bawah bangku agar telapak kaki tetap menyentuh permukaan. Atau Anda juga bisa meminta bantuan orang lain untuk menahan pergelangan kaki Anda agar telapak kaki tetap menyentuh permukaan.
  • Silangkan kedua tangan Anda di depan dada, dengan tangan kiri memegang bahu kanan dan tangan kanan memegang bahu kiri. Hindari meletakan tangan di belakang kepala, karena bisa menarik otot leher dan Anda mengalami cidera.
  • Tarik nafas dalam lalu gunakan otot perut untuk menarik punggung dari lantai menuju arah depan sampai hidung menyentuh lutut.
  • Turunkan lagi punggung ke posisi semula atau berbaring, lakukan gerakan itu berulang-ulang. Sesuaikan jumlah sit up dengan kemampuan Anda dalam satu siklus.

Kesalahan Dalam Gerakan Sit Up Yang Sebaiknya Di Hindari

  1. Meletakkan tangan di belakang kepala
    Kesalahan yang paling sering dilakukan dalam melakukan sit up adalah meletakan kedua tangan di belakang kepala. Sebenarnya ini hal yang salah untuk dilakukan karena dapat menarik otot leher dan membuat leher menjadi tegang dan bahkan bisa mengalami cidera.
  2. Membungkukkan bahu dan menekuk leher kearah depan
    Hal ini juga sering dilakukan oleh para pemula yang belum terbiasa dengan gerakan sit up. Biasanya hal ini terjadi saat sedang mengangkat punggung ke depan, secara tidak sengaja Anda membungkukkan bahu dan menjulurkan leher ke depan. Sebaiknya Anda hindari karena dapat membuat otot punggung bagian atas menjadi tegang dan sering menyebabkan rasa nyeri setelah sesi sit up selesai.
  3. Menjatuhkan diri ke permukaan dengan keras
    Biasanya hal seperti ini terjadi pada para pemula yang masih mencari ritme gerakan yang sesuai dengan tubuh, atau juga karena otot bagian perut yang masih lemah atau sudah lelah sehingga dengan tidak sengaja menjatuhkan punggung ke permukaan. Hindari hal ini sebelum menjadi kebiasaan karena bisa berbahaya bagi punggung Anda dan sangat beresiko untuk mengalami cidera.

Beberapa Variasi Gerakan Sit Up

Melakukan gerakan sit up yang normal mungkin lama kelamaan akan membuat Anda bosan, untuk tetap membuat Anda bergairah melakukan olahraga sit up, berikut beberapa variasi yang bisa Anda coba lakukan :

  1. Tuck-ups
    Variasi yang pertama adalah Tuck-ups. Anda bisa melakukan varian gerakan yang satu ini dengan cara meluruskan kedua kaki dan angkat sedikit agar tidak menyentuh matras kemudian letakan kedua tangan menempel di samping badan dan dalam posisi lurus.
    Angkat punggung ke arah depan menggunakan otot perut dan otot pinggul berbarengan dengan itu tekuk kedua lutut Anda ke arah dada, lalu turunkan punggung lagi ke matras dan luruskan kembali kedua kaki Anda.
  2. V-ups
    V-ups merupakan variasi lanjutan dari Tuck-ups. Pada variasi V-ups posisi kaki sama dengan Tuck-ups tetapi kedua tangan di luruskan diatas kepala. Gerakannya juga sedikit berbeda, melakukan gerakan V-ups yaitu mengangkat punggung ke arah depan dan menarik kaki ke belakang dengan kedua kaki tetap pada posisi lurus sampai kaki dan tangan berdekatan lalu kembali lagi ke posisi telentang.
  3. Bicycle Crunches
    Variasi yang satu ini gerakannya hampir sama dengan gerakan sit up normal pada umumnya. Anda hanya perlu menambahkan variasi gerakan kaki seperti sedang mengayu sepeda dan dorong bahu kanan ke arah kiri serta bahu kiri ke arah kanan.Demikian langkah-langkah melakukan gerakan sit up dengan benar dan juga beberapa variasi gerakan sit up yang bisa Anda coba. Semoga bisa bermanfaat dan saran dari Saya jika terjadi ketegangan pada otot leher dan bagian lainnya atau mengalami cidera saat melakukan gerakan sit up lebih baik hubungi dokter agar diberikan penanganan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *