Hemat Waktu! Begini Cara Praktis Scan Barcode di Smartphone Android

Download, Techno, Tutorial181 Dilihat

Barcode dan QR code telah menjadi pilihan yang populer untuk menyimpan serta membaca informasi dengan menggunakan pola cetakan. Sehari-hari, kita sering menemukan barcode dan QR code di berbagai tempat seperti produk di supermarket, tiket perjalanan, dan brosur promosi.

Berikut penjelasan tentang cara praktis membaca barcode di Smartphone Android. Manfaat pemindaian barcode di Smartphone Android bervariasi tergantung pada konteks penggunaannya.

Keuntungan Pemindaian Barcode di Smartphone Android

  1. Pembayaran dan Otorisasi: Beberapa aplikasi keuangan dan perbankan memanfaatkan pemindaian barcode untuk memudahkan pembayaran atau otorisasi. Misalnya, membaca barcode pada faktur atau tagihan untuk pembayaran online atau menggunakan barcode sebagai metode otorisasi dua faktor untuk masuk ke akun Anda.
  2. Verifikasi Keaslian Produk: Sejumlah perusahaan menggunakan barcode sebagai bagian dari sistem verifikasi keaslian produk mereka. Dengan membaca barcode pada produk, Anda dapat memastikan keaslian barang tersebut.
  3. Mengelola Jadwal dan Pengingat: Barcode bisa digunakan untuk mengelola jadwal dan pengingat. Contohnya, pada tiket acara, membaca barcode dapat menambahkan acara ke kalender atau memberikan pengingat sebelum acara dimulai.
  4. Mendapatkan Informasi Produk: Barcode sering digunakan pada produk konsumen seperti makanan, minuman, atau barang elektronik. Dengan membaca barcode di Smartphone Android, Anda dapat dengan cepat mendapatkan informasi produk seperti harga, spesifikasi, tanggal kedaluwarsa, dan ulasan konsumen.
  5. Mengumpulkan Data atau Mendapatkan Kontak: Barcode dapat digunakan untuk mengumpulkan data dengan cepat. Contohnya, saat menghadiri acara atau konferensi, Anda dapat membaca barcode pada kartu identitas peserta untuk secara otomatis mendapatkan informasi kontak mereka.
  6. Mengakses Situs Web atau Aplikasi: Barcode bisa berisi URL yang langsung membuka situs web atau mengarahkan Anda ke aplikasi tertentu. Membaca barcode memungkinkan akses cepat ke informasi tambahan atau melakukan tindakan tanpa mengetikkan URL atau mencari aplikasi di toko aplikasi.

Membaca barcode di Smartphone Android memungkinkan akses cepat ke informasi, pembayaran yang mudah, dan berbagai manfaat lainnya.

Baca juga:
Cara menyimpan kontak HP ke Gmail di Smartphone kalian!

Banyak aplikasi yang mendukung membaca barcode, termasuk pembaca barcode bawaan di Smartphone Android atau aplikasi pihak ketiga yang bisa diunduh melalui toko aplikasi.

Teruslah membaca untuk mendapatkan informasi lengkap tentang cara membaca barcode di Smartphone Android.

Cara Praktis Membaca Barcode di Smartphone Android

Dengan kemajuan teknologi, sekarang Anda bisa mudah membaca barcode dan QR code langsung dari Smartphone Android.

Artikel ini akan menjelaskan cara-cara praktis untuk melakukan pembacaan tersebut.

I. Menggunakan Aplikasi Kamera Bawaan

Jika Anda menggunakan Smartphone Android, besar kemungkinan sudah ada aplikasi kamera bawaan yang bisa digunakan untuk membaca barcode dan QR code. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi kamera di Smartphone Android Anda.
  2. Arahkan kamera ke barcode yang ingin dibaca.
  3. Tunggu beberapa detik hingga kamera fokus dan mengenali barcode.
  4. Setelah barcode terdeteksi, hasilnya akan muncul di layar.
  5. Untuk membaca QR code, prosesnya sama. Arahkan kamera ke QR code dan tunggu hingga terdeteksi.

Keuntungan menggunakan aplikasi kamera bawaan adalah kemudahannya karena tidak memerlukan instalasi aplikasi tambahan. Namun, beberapa aplikasi kamera bawaan mungkin tidak memiliki fitur pembacaan barcode dan QR code yang canggih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *