Selama Liburan Idul Adha Tercatat Ada 127.107 Penumpang Kereta Api dari Stasiun DAOP 5 Purwokerto

Berita112 Dilihat

Selama masa liburan akhir pekan panjang Lebaran Idul Adha tahun 2023, PT. Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto mencatat peningkatan yang signifikan dalam jumlah penumpang KA Jarak Jauh.

Berdasarkan data yang dikumpulkan pada hari Minggu (2/7), jumlah penumpang KA Jarak Jauh mencapai 127.107 orang. Naik sebesar 133 persen dibandingkan dengan liburan Lebaran Idul Adha tahun lalu.

Dalam rentang tanggal 24 Juni 2023 hingga 3 Juli 2023, rata-rata terdapat 12.951 penumpang naik dan 14.208 penumpang turun setiap harinya. Pada puncak arus mudik, pada hari Rabu (28/7), tercatat ada sebanyak 18.829 penumpang yang turun di wilayah Daop 5.

Total keseluruhan penumpang yang turun mencapai 137.033 orang. Krisbiyantoro, selaku Manajer Humas Daop 5 Purwokerto, mengungkapkan bahwa meningkatnya minat masyarakat untuk menggunakan kereta api sebagai moda transportasi disebabkan oleh pemberlakuan cuti bersama.

Pemerintah telah menetapkan cuti bersama mulai Rabu, 28 Juni 2023.

“Selain itu, minat masyarakat dalam menggunakan kereta api juga meningkat karena bertepatan dengan masa libur sekolah,” ujar Krisbiyantoro.

Lonjakan Penumpang

Krisbiyantoro menjelaskan bahwa hingga saat ini, penjualan tiket KA Jarak Jauh untuk periode liburan Lebaran Idul Adha. Terutama untuk KA yang berangkat awal dari stasiun di wilayah Daop 5 seperti KA Sawunggalih, telah mencapai 111% dari target.

“Capaian di atas target tersebut juga dipengaruhi oleh adanya pergerakan penumpang yang dinamis naik turun di antara stasiun,” jelasnya.

Krisbiyantoro juga menyebutkan lima stasiun tujuan favorit dengan jumlah penumpang terbanyak. Yaitu Stasiun Pasar Senen dengan jumlah 11.314 penumpang. Stasiun Yogyakarta dengan jumlah 9.620 penumpang.

Baca juga:
Jadi Saksi Kasus Korupsi BTS, Menpora Dito Tiba di Kejagung untuk Diperiksa

Stasiun Kiara Condong dengan jumlah 8.051 penumpang. Stasiun Gambir dengan jumlah 6.739 penumpang, dan Stasiun Jatinegara dengan jumlah 5.290 penumpang.

Selanjutnya, sejak diberlakukannya Grafik Perjalanan KA (Gapeka) baru per 1 Juni 2023, KAI Daop 5 Purwokerto mengimbau kepada seluruh pelanggan untuk tiba di stasiun satu jam sebelum keberangkatan kereta api guna menghindari ketinggalan.

Hal ini dikarenakan terdapat banyak perubahan jadwal keberangkatan dan kedatangan KA sejak pemberlakuan Gapeka baru.

KAI Daop 5 juga mengingatkan pelanggan untuk membawa bagasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“KAI berkomitmen untuk menyediakan layanan transportasi yang mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bagi semua pelanggan, serta memberikan pelayanan yang optimal demi kepuasan mereka,” tambah Krisbiyantoro.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *