Menurunkan Berat Badan Dengan Cara Mengurangi Konsumsi Garam

Lifestyle252 Dilihat

Untuk kebanyakan orang mengonsumsi makanan tanpa garam mungkin dianggap kurang wajar. Karena bisa di bilang garam merupakan salah satu bumbu utama dalam hal masakan. Tetapi ternyata mengurangi konsumsi garam dapat menjadi salah satu cara yang bisa di coba untuk menurunkan berat badan.

Dijelaskan oleh Helthline, bahwa garam yang masuk kedalam tubuh Kita dapat membuat tubuh menyerap lebih banyak air. Kondisi ini menyebabkan tubuh terasa membengkak dan berat badan pun ikut naik setelah mengonsumsi makanan yang mengandung banyak garam. Disisi lain, ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa mengonsumsi garam tidak langsung berpengaruh terhadap kenaikan berat badan.

Selain itu WebMD juga menerangkan jika mengonsumsi makanan yang mengandung banyak garam membuat seseorang akan memiliki nafsu makan yang berlebihan. Sehingga orang tersebut akan makan lebih banyak dan berkontribusi secara tidak langsung terhadap kenaikan berat badan seseorang.

Meski beberapa pendapat tentang menaikan berat badan masih berbeda-beda, namun mengurangi konsumsi garam sudah jelas membuat tubuh Anda semakin sehat dan terhindar dari beberapa penyakit. Seperti, penyakit jantung, gangguan autoimun, dan juga stroke.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengurangi konsumsi garam yang disarankan oleh Mayo Clinic dab NHS.

  1. Memilih produk rendah sodium.

    Hal sepele yang sebenarnya penting untuk dilakukan adalah memperhatikan label kandungan sodium atau garam yang terdapat pada suatu produk makanan. Disarankan juga untuk membaca label nutrisi dalam produk tersebut, atau memilih makanan yang memiliki label rendah sodium atau garam.

  2. Bila memungkinkan hilangkan garam tambahan.

    Mengurangi atau bahkan tidak menggunakan garam sama sekali ketika membuat makanan juga disarankan. Mungkin akan terasa tidak enak di awal, tetapi lama kelamaan lidah akan terbiasa dengan masakan yang rendah atau bahkan tidak mengandung garam.

  3. Lebih banyak mengonsumsi makanan segar.

    Biasanya buah dan sayur-sayuran segar mengandung lebih rendah garam dibandingkan jenis makanan-makanan lainnya. Beberapa jenis daging ayam segar, daging sapi segar atau yang dibeku juga biasanya memiliki kandungan garam yang rendah. Tetapi alangkah baiknya tetap memperhatikan label kandungan sodium pada produk-prduk tersebut.

Seperti kata pepatah “lebih baik mencegah dari pada mengobati”. Jadi selama bisa dilakukan untuk mengurangi konsumsi garam mulai dari sekarang kenapa tidak. Demi kesehatan dan juga kebugaran tubuh Kita sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *