Unsoed Purwokerto Resmi Melantik 7.296 Mahasiswa Baru untuk Tahun 2023/2024

Berita469 Dilihat

Unsoed Purwokerto, sebuah institusi tinggi bernama Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dengan bangga menggelar Sidang Terbuka Senat Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik 2023/2024.

Acara megah ini berlangsung di Auditorium Graha Widyatama Prof. Rubijanto Misman Unsoed, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah pada Senin (7/8).

Pada upacara PMB yang meriah ini, sebanyak 7.296 mahasiswa baru resmi dikukuhkan sebagai bagian dari keluarga besar Unsoed. Kehadiran mereka menjadi titik awal petualangan akademik di perguruan tinggi bergengsi ini.

Tak kurang dari dua kelompok mahasiswa baru disambut dalam momen bersejarah ini. Kelompok pertama terdiri dari mahasiswa yang bergabung di Fakultas Pertanian, Fakultas Biologi, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Peternakan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, serta Pascasarjana.

Sementara itu, kelompok kedua berisikan mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, serta Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Menurut laporan dari Wakil Rektor 1 Unsoed Bidang Akademik, Dr. Ir. Noor Farid, M.Si., proses penerimaan mahasiswa baru dilakukan melalui berbagai jalur.

Jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) digunakan untuk penerimaan mahasiswa di jenjang Sarjana dan Diploma, berdasarkan prestasi akademik selama studi di sekolah menengah/madrasah.

Baca juga:
Lomba Desain Logo Banyumas Pendaftaran Hingga 10 Agustus 2023!

Selain itu, ada Seleksi Mandiri-SPMB UTBK untuk jenjang Sarjana dan Diploma, yang mempertimbangkan nilai UTBK, nilai rapor, dan prestasi sebagai dasar penentuan.

Sementara untuk program Sarjana Kelas Internasional dan Diploma, digunakan Seleksi Mandiri – SPMB Non UTBK yang mempertimbangkan nilai rapor dan prestasi.

Tidak ketinggalan, jenjang profesi dan spesialis diakses melalui Seleksi Mandiri-SPMB Profesi dan Seleksi Mandiri-SPMB Pascasarjana, Program Afirmasi Pendidikan Tinggi, serta Program Student Exchange juga memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk bergabung.

Noor Farid menyampaikan bahwa peminat Unsoed khususnya untuk program sarjana dan diploma sangatlah tinggi, mencapai 92.391 calon pendaftar. Namun, hanya 6.673 orang yang berhasil diterima.

Tingkat persaingan yang ketat tersebut menandakan bahwa setiap tempat di Unsoed begitu berharga, dengan rasio keketatan 1 banding 13,8.

Penerimaan mahasiswa baru pun disimbolkan dengan pemakaian jas almamater oleh Rektor Unsoed, Prof. Dr. Ir. Akhmad Sodiq, M.Sc., Agr., IPU, didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Ir. Noor Farid, M.Si.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *